Sunday 30 April 2017

Gowes Bareng MTB Jateng dan DIY

 Peserta Gowes Bareng yang sempat melakukan foto bareng diakhir acara

Jurangjero Bike Park, terletak di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang menjadi ajang pertemuan para goweser Jawa Tengah dan DIY. Acara tersebut digelar pada hari Minggu (30/4) dengan konsep kopi darat (kopdar) dan gowes bareng di sekitar lereng Gunung Merapi. Jumlah peserta yang mengikuti acara berjumlah kurang lebih 75 goweser yang berasal dari Magelang, Jogja, Temanggung, Boja, Purwodadi, Pekalongan, Purbalingga dan Semarang.  Adapun titik start gowes  dimulai dari menara pandang obyek wisata Jurangjero  dan berakhir hingga titik finish yang mencapai jarak kurang lebih 5 Km yang merupakan jalur all mountain.

Setelah memasuki kawasan trek sepeda goweser disuguhi pemandangan kawasan hutan pinus dengan landasan jalan berbahan dari pasir khas lereng Gunung Merapi. Suasana gerimis tidak menyurutkan semangat para goweser meliuk-liuk melakukan handling bahkan memacu kecepatan turunan ala trek all mountain dan sedikit obstacle berupa drop-drop kecil yang bisa meningkatkan skill pengambilan keputusan agar sesuai dengan jalur trek. Diakhir menjelang garis finish goweser dihadapkan oleh dua jalur air yang disana sudah disambut peserta lain yang menanti agar bisa menyeberang melewati genangan air. Tak lupa mereka mengabadikan foto  disetiap goweser berhasil ataupun malah terjatuh dan tertawa bersama.

Skill yang dibutuhkan dalam melewati rintangan air.

Bagi peserta yang mempunyai nyali lebih, bisa mencoba trek downhill yang panjangnya kurang lebih 3 Km tentunya disana lebih berat rintangan berupa drop off, table top dan gap jump. Hal yang perlu diperhatikan ketika memasuki area trek Jurangjero Bike Park semua peserta wajib memenuhi standar keamanan diri berupa helm sepeda, pelindung lutut, kacamata dan pelindung leher sesuai dengan kualifikasi jalur treknya.


Acara serupa digelar tiap 3 bulan sekali yang dikomandani oleh Mas Lembu berasal dari komunitas MTB Temanggung. Harapan dari salah satu tim gowes dari Pekalongan agar acara gowes bareng ini kerap diadakan sebagai pemererat silaturahmi antar penggemar olah raga sepeda gunung. Acara gowes bareng MTB Jateng dan DIY ditutup menjelang sore bersamaan dengan komunitas sepeda downhill yang juga melakukan latihan bersama dalam rangka menyiapkan acara Jurangjero Fun Dowhill yang akan digelar hari Minggu (7/5). 

No comments:

Post a Comment