Sunday 30 April 2017

PORT - ALL Gowes Jurangjero Bikepark

Sudah menjadi tradisi PORT-ALL mengadakan gowes ke luar kota, destinasi kali ini akan berkunjung ke Jurangjero bike park Muntilan Magelang. Persiapan dilakukan pada malam hari sebelum berangkat yaitu pada hari Sabtu malam Minggu (29/4) bertempat di rumah Om Shodiq Kelurahan Kuripan Lor Pekalongan Selatan. Peserta sudah berdatangan sejak pukul 21.00 WIB dengan membawa sepeda MTB menggunakan sepeda motor yang ditaruh di atas jok belakang.

Mobil pick up berwarna hitam sudah terparkir di depan gang rumahnya Om Shodiq oleh Mas Pande mobil tersebut sudah disiapkan dari pukul 20.00 WIB. Meski ada sudah terkumpul semua sepeda yang akan digunakan gowes, ada satu sepeda yang belum bisa datang karena alasan jarak dari rumah peserta ke tempat persiapan gowes cukup jauh. Sepeda berjenis hardtrail merek Polygon Comic milik Syukron terpaksa harus ready sebelum berangkat.

Hari Minggu (30/4) pukul 04.45 WIB Om Lutfi sudah berada di titik kumpul tepat depan gang rumahnya Om Shodiq. Tak lama kemudian Syukron datang dari Wiradesa menggunakan sepeda disusul oleh Mas Pande menuju musholla sekaligus menunaikan ibadah sholat shubuh. Satu per satu peserta lain berdatangan Om Yayan, Om Amat, Om Hans, Om Taufik, Om Andi dan Om Ink. Sudah kumpul semua, bismillah akhirnya rombogan berangkat pukul 05.30 WIB melalui jalur pantura menuju arah Weleri, Sukorejo, Temanggung, Secang dan Magelang.

Sepanjang perjalanan peserta ngobrol seputar dunia sepeda, “Kalau jenis hardtrail dartmoor masih tergolong mahal, Mas Taufik”, ungkap Om Andi yang terlibat ngobrol santai di kursi paling belakang berhadapan dengan Om Taufik. Lain halnya Om Luhfi dan Om Yayan yang beradu mengingatkan kepada Om Amat agar tidak ngantuk efek karena minum obat anti muntah Antimo. “Paling bentar lagi tidur nehhh...karena efek antimo”, celetuk Om yayan nada ngejek ke Om Amat. Kelakar kecil tercipta saling bercanda mengawali perjalanan.

Istirahat sebentar sembari meregangkan beberapa otot kaki Om Ink kala itu sebagai sopir perjalanan berangkat di dekat pom bensin sekitaran Sukorejo Kabupaten Kendal. Momen tersebut dimanfaatkan oleh peserta lain membeli beberapa perbekalan dan minuman atau sekedar nelunyur masuk ke toilet. Selang beberapa menit kemudian Om Ink sempat menerima panggilan telpon dan ternyata dari koordinator acara tim dari Temanggung yaitu Om Lembu. “Sudah sampai arah masuk sekitaran Sukorejo, Mas”, jawab dengan singkat. Ternyata rombongan kita sudah ditunggu tim lainnya. Akhirnya kita segera beranjak melanjutkan perjalanan.

Saat setelah sampai Temanggung kita sudah disambut oleh persiapan tim MTB Temanggung dengan membawa 2 mobil pick up berisi sepeda gunung. Selang beberapa menit diperjalanan menuju ke Kecamatan Secang tim MTB Parakan juga menunggu berencana berangkat ke Muntilan bersama-sama.

Akhirnya telah sampai juga di Jurangjero Bikepark dengan melewati beberapa titik kemacetan sekitaran Kota Magelang. Saat setelah sampai maka warung makan adalah destinasi pertama sebagai penolong lapar perut keroncongan. Nasi mangut beserta teh panas siap tempur gowes siang ini. Disana pun juga banyak peserta dari kota lain yang kebetulan latihan downhill mengikuti ajang festifal yang minggu depan rencananya akan digelar.

Setelah siap fisik maka selanjutnya menuju ke titik start sepeda harus diloading kembali naik ke atas arah gardu pandang Obyek Wisata Jurangjero. Maka tim PORT-ALL Pekalongan memulai aktifitas gowesnya menuruni perbukitan lereng Gunung Merapi. Pemandangan apik berada dihadapan kita berupa pohon pinus serta trek basah ala pasir Muntilan, menambah rasa percaya diri ketika melenggang ban depan maupun belakang aman dan tidak tergelincir.

Sampai titik finish  kita pun istirahat sejenak terus kembali dilanjutkan naik seperti tidak ada kurangnya gowes kali ini. Namun Syukron memilih berada di musholla menunggu peserta lain menyelesaikan gowesnya kembali. Sore hari menjelang artinya keadaan sekitar Jurangjero pun peserta dari tim downhill sudah mulai beranjak pulang. Datang terlambat pulangnya pun juga sepertinya ini berlaku untuk tim PORT-ALL, pukul 16.30 WIB kita sayonara pulang bersama.

Foto Boerhan Thee Hanz.

No comments:

Post a Comment