Thursday 6 April 2017

Undian Gambling

Undian doorprize hampir tiap kali ada di acara formal seperti seminar, talk show, pameran dan sebagainya. Seringnya kegiatan undian ditempatkan pada posisi paling akhir dari beberapa rangkaian  acara inti. Oleh panitia,  pengundian dilakukan pengundian melalui karcis, kuitansi, nomor urut pendaftaran ada pula yang menggunakan tanda khusus seperti ada secarik kertas yang ditempatkan pada kursi peserta bagi siapa saja yang kebetulan ada tanda tersebut, dialah yang berhak menjadi pemenangnya.

Bentuk lain undian berhadiah dalam penjualan barang, tujuan utamanya sebagai pemikat konsumen. Semakin banyak membeli barang yang ditawarkan maka kupon undian akan lebih banyak didapatkan sehingga kesempatan memiliki hadiah akan semakin besar pula. Rumus ini mendekati benar apabila pesaing dari peserta lebih sedikit dan nasib mujur juga berpihak pada kita. Program ini dikatakan berhasil apabila tingkat penjualan barang meningkat drastis dan peserta mengikuti undian semakin banyak. 

Harapan semu peserta ujian paling ngenes bagi pembeli yang sudah merelakan membeli barang begitu banyak namun pada akhirnya harus mengakui kekalahan. Bagi pembeli bernasib baik yang hanya membeli 1 barang harus tertawa terkekeh-kekeh menerima rezeki nomplok berupa hadiah dan itu pun tidak disengaja mengikutinya.

Bukan orang Indonesia kalau rasa ingin mencoba sangat tinggi selagi hal positif, mengapa tidak?
Alasan tersebut salah satunya yang menjadi penyebab kegiatan undian terus ada. Slogan “Siapa tau rezeki kita?” menjadi modal utama mencoba menjadi salah satu peserta adu nasib secara gambling.

Sangat benar kalau rezeki tak kemana, ini sangat didukung dengan asumsi mengikuti undian sekedar iseng-iseng berhadiah. Wah...wah...sangat deg-degan sekali mendengarkan panitia membacakan satu persatu kupon atau karcis undian jangan-jangan saya ini yang dapat?. Rasa ke GR an ini terkadang bisa mengecewakan tatkala harus merelakan waktu yang digunakan mengikuti undian tapi hadiah tak kunjung tiba.

No comments:

Post a Comment