Sunday 30 April 2017

Satu Tahun Berjalan

Bulan April tahun 2016 kemarin saat itu saya memulai masuk komunitas blog sebagai bagian merangkai kata berbentuk softcopy. Seakan memperoleh spirit kenangan pertama kalinya bertatapan langsung dengan simbah yang sering disebut oleh kaum mahasiswa saat beliau “menengok” anak beserta cucu-cucunya di Semarang.

Meski terbilang telat mendalami cara berfikirnya secara terperinci, saya masih meraba-raba bagian mana yang cocok yang patut sesuai dari kedalaman wadah yang saya miliki. Berbagai persepsi khalayak merujuk menanggapinya dengan hati-hati lebih tepatnya menyeleksi atas sebuah kemurnian berfikir. Anggapan itu semua luluh lantak karena sangat jelas tercermin dari gaya bahasa dan cara hidupnya beliau.

Terlintas pernyataan mendasar tidak salahnya dicatat dalam sebuah blog agar bisa dilihat kembali tulisan-tulisan lama agar tidak begitu saja menguap lalu menghilang. Itu sebabnya yang melatarbelakangi alasan saya melakukan hal demikian. Energi pengaruh itu lebih besar membangkitkan kemauan berfikir analisis bahkan tidak serta merta menerima hal secara satu arah atau mungkin membutuhkan perenungan sebagai cara menilai dan memberikan respon kedekatan sebuah masalah.

Secara tidak langsung tanggung jawab itu harus saya pangku penuh kehati-hatian meskipun asas publik yang merekomendasikan bebas bahkan berdalih asas demokrasi setiap warga negara. Tentunya kebebasan yang terlalu fulgar sangat tidak elok atas prinsip “memangku kebebasan yang tidak juga bebas” demikian seharusnya. Maka dunia maya bukan berarti tipu muslihat namun suatu saat bisa menjerat dan sungguh semua itu harus dihindari atas sesuatu hal yang dapat merugikan.

Setiap nafas adalah tulisan yang berhembus kemudian berharap, kiranya kegemaran ini hanya asas memanfaatkan notebook pemberian dari ibu saya agar bisa dinikmati bersama. Akhirnya saya pun bersyukur blog ini berumur satu tahun di bulan April 2017, Alhamdulillah “Matur nuwun Gusti, mugi saged nambahing kaberkahan”, Amien.

Foto Muhammad Syukron.

No comments:

Post a Comment