Sunday 26 June 2016

Dari Kita untuk Mereka

Jalan Jenderal Soedirman Pekalongan siang hari penuh berjejal beragam kendaraan besar. Truk kontainer terus membuntuti kendaraan di depannya, bus antar kota terus memadati sela-sela diantaranya berjubel motor roda dua. Basecamp Repoeblik MTB seakan tak terlihat dari sebrang jalanan sampai bisa melihat sebuah kendaraan Tossa warna merah telah terparkir didepan lorong dan beberapa kendaraan lainnya.

Telah berdiri diatas kendaraan mereka adalah Om Ipul Hoze, Om Indra dan seorang Kapten Mas Rowi telah siap akan agenda sore yang bertajuk sebuah bhakti sosial di daerah Jeruk Sari. Jumat sore bertepatan dengan hari Jawa Kliwon, notabene hari tersebut banyak yang tidak melakukan aktifitas pekerjaan seperti hari biasa. Wajah mereka sepertinya masih lelah atas kegiatan semalam yang menguras tenaga, bayang-bayang night ride terus menggelayut dalam benak mereka, kini harus berhadapan dengan kegiatan selanjutnya.

Motor Tossa meluncur dengan sigapnya seperti yang dikendarai oleh Om Ipul Hoze sepertinya menjadi pawang sebuah motor gerobak melintas Jalanan KH Mas Mansyur penuh hiruk pikuk atraksi senam jantung melibas berbagai pengguna jalanan lainnya. Kesemrawutan berakhir menuju Jalan Veteran untuk mengisi bekal bingkisan bagi korban banjir betepatan di Toko Manunggal. Owner dari toko tersebut sangat familiar bagi sesama goweser, yaitu Om Rizal. Kebaikan hatinya turut larut dalam kegiatan tersebut selain beliau menjadi seksi logistik ternyata kepedulian terhadap eksistensi pecinta sepeda di Pekalongan tidak diragukan lagi. Terbukti dia secara aktif terus ikut berpartisipasi dalam segala event sepeda, seperti kegiatan yang akhir-akhir ini  digelar oleh Tim Repoeblik.

Setelah semua logistik telah siap maka bergeraklah semua rombongan menuju titik pembagian bingkisan tepatnya di salah satu Mushola di Desa Jeruk Sari Kabupaten Pekalongan. Memakan waktu kurang lebih 10 menit dari Jalan Veteran menuju ke TKP. Sambutan warga sudah terlihat dari gang masuk menuju pemukiman. Aktifitas anak bermain menemani keceriaannya sembari mengikuti rombongan dibelakang kendaraan Tossa hingga semua tim turun bertemu langsung dengan  Bapak Ketua RT sekaligus menjadi penyambut acaranya.

Pembagian bingkisan dimulai dengan menukarkan kupon yang sebelumnya telah dibagikan oleh Mas Phyton selaku warga setempat. Antusiasme warga patut diacungi jempol tidak sampai setengah jam bingkisan telah didistribusikan dengan baik. Perjalanan menuju tempat penukaran kupon mereka lalui dengan kesabaran, jalanan yang penuh air serta permukaannya sangat licin membuat mereka terus hati-hati. Ucapan demi ucapan rasa terima kasih terus disuarakan atas sesuatu yang telah mereka terima. Sangat arif etika budaya jawa masih menyelimuti disetiap perasaan disaat ada kebaikan atas nama kepedulian.


Tak terasa semua  bingkisan dalam karung telah habis saatnya rombongan untuk berpamitan kepada perwakilan warga serta ucapan salam dan terima kasih terus diucapkan oleh Mas Phyton selaku tuan rumah dan juga salah satu anggota dari Repoeblik MTB. Semua yang dilakukan oleh rekan-rekan Repoeblik MTB tidak ada tendesi apapun kecuali untuk memupuk terus kepedulian sosial atas saudara-saudara sesama daerah Pekalongan. Selagi masih ada kesempatan untuk berbuat kebaikan maka laksanakan dengan rasa cinta dan keikhlasan.




No comments:

Post a Comment