Saturday 18 June 2016

Buka Bersama Repoeblik MTB

Bertempat di basecamp Repoeblik MTB hari Sabtu 18 Juni 2016 Jalan Jendral Sudirman Pekalongan. Acara buka bersama digelar bersama tim Repoeblik MTB dan para penggiat sepeda di Pekalongan dan sekitarnya. Basecamp terletak dibagian tepi jalan pantura, yang kebetulan sore itu diguyur hujan.  Rumah kapten tim Repoeblik MTB Om Rowi adalah ruang publik pengolah segala kegiatan tim, tempat ber-meetting, tukar pikiran, tempat mekanik sepeda bahkan acara buka bersama seperti ini dilakukan hampir ditiap tahunnya.

Kebersamaan teriring meskipun hujan melanda. Keadaan tersebut dilukiskan sebuah rumah dengan berbagai tamu yang mengikuti acara buka bersama. Hujan menjadi sajian istimewa menambah kebersamaan melahirkan kehangatan diantara mereka. Salam dari tamu yang hadir membawakan sebuah berkah tersendiri kepada Om Rowi sebagai pemilik rumah yang digunakan dalam acara buka bersama.

Tamu undangan yang hadir terdiri dari anggota Repoeblik MTB beberapa perwakilan komunitas sepeda lainnya yaitu dari MTB Pekalongan, Pekalongan Downhill Community, Just Bike, Pekalongan Roadbike Community dan penggiat sepeda lainnya. Mereka menyatu dalam suasana Ramadhan dengan keceriaan menunggu adzan magrib untuk berbuka. Ngobrol bareng diantara mereka yang kebetulan jarang bertemu, pada momen ini mereka sekaligus menjadi ajang untuk bersilaturahmi yang bermanfaat.


Sajian santap buka puasa telah terhidang diatas meja dengan tumpukan puluhan piring dengan menu buka pindang tetel khas Pekalongan.  Ada yang menarik dari sajian tersebut yaitu persiapan menu dilakukan oleh tim Repoeblik MTB yang mayoritas cowok semua. Sebagian dari mereka sibuk mempersiapkan segala macam acara ada juga yang bekerja di dapur masakan diantaranya memotong daging, membersihkan piring, menata menu makanan dan sebagainya. Mereka berevolusi menjadi sesuatu yang harus menjadikan dirinya bisa bermanfaat untuk orang lain. Memang hobi bersepeda itu mesti ada unsur sosialnya karena hobi yang sama akan membentuk kominitas dan didalamnya muncul ide kebaikan ditiap diri anggotanya masing-masing.

Adzan maghrib berkumandanng pertanda untuk segera membatalkan puasa. Menu minuman es campur terdiri dari beberapa irisan buah timun suri, biji selasih serta sirup frambozen menjadi sasaran utama pembuka buka puasa. Mereka tidak larut tergiur dengan aneka makanan yang disediakan panitia. Kegiatan selanjutnya melakukan sholat berjamaah kemudian makan bersama sebagai acara intinya.


Menginjak acara berikutnya kapten tim Repoeblik MTB Om Rowi mengadakan rapat kecil yang membahas tentang keprihatinan bencana rob di Pekalongan dan sekitarnya. Kebetulan memang salah satu anggota dari tim ada yang menjadi korban bencana rob yang masih hangat menjadi sorotan publik untuk penggalangan dana. Satu per satu merespon yang melahirkan pemikiran untuk melakukan penggalangan dana yang nantinya akan didistribusikan kepada korban bencana pada hari Jumat pekan depan. Antusiasme dari peserta juga sangat mendukung atas rencana tersebut terbukti dari semua yang hadir hampir semua mendonasikan uangnya secara tunai. Lagi-lagi Om Ipul Hoze didaulat sebagai ketua koordinator acara untuk menindaklanjuti secara teknis berjalannya acara hingga hari pelaksanaannya.

Sungguh bersyukur dari sebuah hobi terbentuk sebuah komunitas yang melahirkan ide-ide kebaikan sesamanya. Kebersamaan yang dibentuk atas rasa keikhlasan maka akan menimbulkan cahaya kebaikan menembus ruang hati manusia untuk berempati dibulan Ramadhan yang penuh berkah. Semoga Repoeblik MTB bisa terdepan dalam menjalankan fungsi sebagai komunitas sepeda sekaligus menjadi komunitas kemanusiaan bagi mereka yang masih membutuhkan kepedulian atas musibah yang menimpanya, Amin.

No comments:

Post a Comment