Tuesday 21 June 2016

Beda Fokus

Dua pemuda mengikuti ajang sayembara disebuah kerajaan.
Abdi pemuda polos dan jujur sedangkan Karya pemuda ulet dan pekerja keras.
Hampir tiada beda dari sisi kebaikan diantara keduanya sampai suatu saat Raja memberikan sandiwara kepadanya.
"Barang siapa dg kesungguhan menjalankan titah Baginda Raja maka akan Ku beri istana dan seisinya, termasuk permaisurinya".
Abdi memulai beberapa fase ujian dg kepolosannya ia tidak berharap apapun kecuali pandangan sederhana baginya yaitu melaksanakan titah dari Rajanya.
Begitu pula dg Karya juga mengikuti fase ujian yg sama karena keuletannya ia sering melebihi tugas-tugas yg diembannya. Ia merasa lelah karena pengharapan baginya kebaikan Raja berupa istana nan megah.
Sampai pd pengumuman mereka berdua lolos menjadi pemenangnya. Raja pun berkata kepadanya
"Hai Abdi motivasi apa yg kau harapkan dari semua tugas-Ku?"
Abdi pun menjawab,
"Karena kecintaanku kepada Baginda, apapun perintah-Mu akan saya lakukan".
Sedangkan km Karya, Apa jawabanmu?
Karya pun menjawab,
"Karena aku lelah sebagai manusia biasa Baginda, aku ingin hidup di istana".
Raja membalas dari semua jawaban, "Kalian semua adalah rakyatku yg patuh kepada Rajanya. Aku menyatakan kalian lulus mengikuti sayembara-Ku. Untuk itu Saya menghadiahkan istana kepadamu Karya karena sesuai dengan motivasimu mengikuti sayembara.
"Sedangkan km Abdi akan hidup berdampingan bersama-Ku di istana yang lain dan kebahagiaan mu Aku jamin seutuhnya".
Karya menyela dari percakapan tersebut.
"Wahai Raja, mengapa Engkau memberikan izin kepda Abdi untuk tinggal bersama-Mu?"
Raja pun menjawab,
"Karena Abdi menjalankan perintah-Ku atas dasar cintanya Kepada-Ku, apa Aku rela membiarkannya Abdi di Istana sendirian?"
Tamat.

No comments:

Post a Comment