Sunday 5 March 2017

Perawatan Silica Gel

Berbentuk butiran seperti pecahan kaca berwarna merah berbahan dasar Natrium Silikat (NaSiO2). Bahan ini sering ditemukam di bok sepatu, pakaian, tas ataupun barang elektronik  yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kelembapan udara yang berlebihan.

Efek barang yang berada pada kelembapan udara yang melebihi batas akan menyebabkan jamur akan mudah berkembang. Barang seperti elektronik khususnya yang berhubungan dengan serat optik sangat rentan sekali terhadap tumbuhnya jamur.

Prinsip kerja silica gel yaitu mengikat kelembapan udara dengan indikator perubahan warna dari biru ke warna pink atau merah muda. Artinya apabila silica gel telah berwarna pink maka didalamnya telah banyak mengandung air. Sehingga secara fungsi maka akan melemah.

Pengaktifan kembali fungsi silica gel dapat diatasi dengan cara mengoven atau menggoreng "sangan" (tanpa minyak). Adapun cara menggoreng sangan dapat ditempuh dengan meletakkan butiran silica gel di wajan kemudian panaskan dengan api paling kecil, aduk secara terus menerus hingga mengalami perubahan warna. Proses pelepasan kandungan air dari warna pink berubah menjadi violet pada tingkat waktu pemanasan selama 30 menit maka silica gel berubah menjadi biru. Dengan pencapaian keadaan tersebut maka silica gel siap digunakan kembali sesuai kebutuhan.


Proses 1 Letakkan Silica gel diatas api paling kecil lalu mulai diaduk 
 
Proses 2 Tetap diaduk maka warna Silica akan berubah menjadi ungu 
 
Proses 3 Silica gel akan mencapai keseragaman warna menjadi biru setelah 30 menit
 

Silica gel yang berwarna pink langsung dimasukkan ke dalam wajan yang diberi api paling rendah. Saat itu pula diaduk terus menerus dan maka warna pink akan berubah menjadi violet ini memerlukan waktu kurang lebih 10 menit. Secara perlahan butiran warna violet berubah menjadi biru untuk mencapai keseragaman warna biru dan sebagai indikator bahwa silica gel telah hilang kelembapannya dibutuhkan waktu hingga 30 menit.

Alat kontrol fungsi silica gel secara akurasi menggunakan higrometer, agar dapat mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Nilai kelembapan secara umum yang direkomendasikan sebesar <70% RH. Pada penyimpanan alat elektronik berupa kamera digital saya telah membuktikan adanya penurunan sebesar 30% dari sebelum diberi perlakuan silica gel.

Higrometer Pengukur Nilai Kelembapan


Pemanfaatan silica gel sangat vital bagi menjaga keawetan barang dari efek kelembapan udara yang berlebih. Khususnya bagi para pemilik lensa didunia fotografi Silica gel sebagai salah satu cara pemeliharaannya.

No comments:

Post a Comment