Thursday 23 February 2017

Alasan Laki-laki Belum Menikah

Kalangan masyarakat menilai laki-laki yang sudah mempunyai pekerjaan telah layak menikah dan membangun rumah tangga. Penilaian yang sudah layak akrab memang mudah dikaitkan kepada meraka yaitu laki-laki yang belum menikah. Meski hanya sebatas ucapan bermotivasi sebagai penyemangat atau memang hanya sebagai kelakar ringan mencairkan suasana.

Pada prinsipnya naluri manusia normal sangat ingin sekali hidup berpasang-pasang dan ingin diberi buah hati sebagai pelengkap perjalanan berumah tangga. Ada beberapa alasan disaat laki-laki belum juga membangun rumah tangga. Baik alasan itu dari dalam dirinya ataupun faktor luar sebagai pertimbangan untuk menikah diantaranya :

Belum Cukup Mampu
Ketika laki-laki sudah menemukan perempuan idaman yang sesuai dengan keinginannya adakalanyaa masih mempunyai keraguan mengenai kemampuan baik dari kematangan emosi, pekerjaan (pendapatan) atau pun lainnya. Contoh tersebut diambil dari seringnya alasan laki-laki enggan menyegerakan pernikahan.

Mementingkan Karier
Laki-laki sebagai tulang punggung keluarga tidak ada salahnya bekerja keras untuk menghidupi keluarga. Proses tanggung jawab tersebut maka ada anggapan  yang terjadi sebelum jenjang, status pekerjaan sudah memasuki titik aman maka belum akan melangsung pernikahan.

Trauma Psikis
Ada rasa ketakutan setelah melakukan pernikahan disaat terjadi pertikaian masalah kemudian berkahir dengan perceraian. Disadari ataupun tidak riwayat tersebut bisa didapatkan apabila selama masa hidupnya sering melihat orang-orang disekitar yang sedang ribut-ribut  masalah bisa jadi dari orang tuanya sendiri. Apalagi mengerti kesalahan dari masing-masing orang tuanya, maka rasa ketakutan menikah baginya akan timbul sehingga tidak akan gegabah dalam memilih calon pendamping hidupnya.

Memilah dan Memilih Pasangan
Istilah memilah itu proses sedangkan memilih adalah eksekusi dari proses itu sendiri. Ada beberapa laki-laki yang memilah calon pendamping mempunyai kriteria baik secara fisik, sifat, pekerjaan serta ketangguhan dari menerima segala macam ujian. Pencarian kriteria tersebut mempunyai waktu tentunya tergantung dengan kehendak-Nya akan cepat atau lambat. Setelah proses memilah kemudian memlilih dari hasil pilihan tersebut sudah klik dengan dirinya, baru akan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

Mengutamakan Keluarga
Laki-laki yang masih mempunyai orang tua ataupun keluarga akan mempunyai  kewajiban mengampu tugas keluarga. Tugas tersebut berkenaan dengan masalah finansial baik kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan lain misalnya pendidikan. Adakalanya laki-laki menunda untuk menikah karena masih memfokuskan agar pendidikan adiknya selesai terlebih dahulu atau ada kasus lain orang tuanya merasa khawatir jika laki-laki nya menikah kelak tidak ada yang memperhatikan. Tentunya ini juga sebagai pertimbangan laki-laki dalam menentukan pendamping hidupnya agar kewajibannya terhadap keluarga bisa tetap berjalan.

Belum Mendapat Restu
Proses mengenal perempuan tidak ubahnya merasa nyaman, maka laki-laki harus mampu  diterima dari keluarga perempuan dan juga sebaliknya. Istilah yang gampang disebut yaitu restu.  Terkadang keluarga perempuan tidak ada respon sama sekali terhadap laki-laki yang ingin bergabung  dengan keluarganya. Akhirnya terjadi hubungan percintaan tanpa sepengetahuan orang tua atau sering disebut back street. Laki-laki dalam posisi seperti ini harus mempunyai sikap yang tegas untuk menentukan sikapnya.

Belum Dipertemukan Jodohnya
Adapun alasan yang paling utama bagi laki-laki yang belum menikah yaitu karena memang Tuhan belum mempertemukan jodohnya. Ada maksud lain yang Tuhan berikan kepada manusia jika memang kebutuhan itu belum saatnya terjadi. Bagi laki-laki yang belum dipertemukan jodohnya tetap harus semangat menghadapi kesendirian sambil menata , mental, hati dan pikiran mempersiapkan segala sesuatunya menapaki kehidupan berumah tangga.

Masih banyak sekali alasan-alasan lain yang menyebabkan laki-laki menunda menikah. Kiranya hal-hal tersebut diatas hanya mencakup opini saya yang merasakan hal sama dan sebenarnya kalau boleh ditanya jujur ingin sekali jodoh itu agar segera datang. Hanya harapan terus terjaga semoga Allah SWT menghantarkanya, amin.

Sumber foto : google moslem marriage

No comments:

Post a Comment