Thursday 14 July 2016

Tratebang

Sebuah desa terletak di pesisiran pantai utara tepatnya di Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Sebagian besar penduduk sekitar bermata pencaharian nelayan.

Mereka sangat dekat dengan alam pantai hingga tempat tinggal berdekatan dengan dermaga kecil kapal tradisional miliknya. Keuletan menangkap ikan serta pengalaman turun temurun membuat ciri khas masyarakat Wonokerto pada umumnya sebagai modal utama yang selalu diwariskan dari generasi ke generasi.

Para istri nelayan sangat pandai berniaga hasil tangkapan ikan untuk dipasarkan dalam bentuk ikan segar maupun ikan olahan. Bentuk ikan olahan dibedakan menjadi 3 bagian direbus, dipanggang dan diasinkan.

Tamu lokal yang kerap datang menikmati desir angin laut sambil membawa kail dan beberapa bekal makanan. Seringnya mereka menangkap ikan disekitaran sungai yang pada waktu tertentu banyak terdapat ikannya.

Begitu banyak saudara kita di pesisiran pantai yang sepatutnya kita kenal atau cukup berpapasan tersenyum sambil mengutarakan, "Monggo...Pak...", sesederhana itu mereka begitu senangnya. Apalagi sembari berkenalan dengan sedikit obralan ringan seputar air pasang yang masih menggenang disebagian besar tempat tinggalnya.

Visit Wonokerto - Jawa Pesisiran.


No comments:

Post a Comment