Bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan
yang tinggal di bagian selatan tentunya sudah tidak asing lagi dengan SPBU
Karanganyar. Terletak kurang lebih di Km 1,5 ke timur dari titik 0 Km tugu Kajen
Kabupaten Pekalongan SPBU Karanganyar ini berada. Bangunan di pinggir jalan utama
Kajen - Karanganyar mempunyai berbagai fasilitas diantaranya berbagai fasilitas
pelayanan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), pelayanan pelumas Pertamina,
pengisian nitrogen, pengisian angin, pengisian air radiator dan toilet.
Kondisi suasana SPBU yang bersih pada
sudut-sudut taman dan halaman yang cukup luas memberikan nilai tambah
kenyamanan bagi konsumen. Terlebih pada fasilitas toilet yang bersih dan teras
bagian depannya tidak ada bekas kerak yang membuat lantai itu kusam. Artinya
bisa dibuat kesimpulan bahwa sisi kebersihan pada SPBU Karanganyar patut
diacungi jempol bagi yang memperhatikan usaha dari manajemen.
Semenjak diberlakukan fasilitas
pengisian angin untuk ban disetiap SPBU maka sudah sering dijumpai banyak
konsumen memaanfaatkan keberadaan fasilitas tersebut. Begitu pula di SPBU
Karanganyar, sembari menunggu panjangnya antrian pengisian BBM, para konsumen
turut memanfaaatkan fasilitas tambah angin sehingga bisa dikatakan fasilitas
ini ramai penggunanya.
Konsumen sudah bisa melakukan
pengisian angin dengan mudah. Disaat kran angin diputar maka bunyi angin “seeeesssst” pertanda bahwa angin telah siap melakukan pengisian.
Bersamaan dengan itu bagian kepala selang berupa stik logam diarahkan kedalam ke bagian knob angin pada
ban, dengan sendirinya angin akan masuk secara perlahan. Konsumen secara
otodidak belajar menggunakannya dari
pengalamannya melihat sendiri ketika mengisi angin di tukang tambal ban atau dari
konsumen sebelumnya disaat pengisian
angin secara gratis ini.
Dari hasil pantauan yang dilakukan selama
kurang lebih 20 menit, ada sedikitnya 7 konsumen yang memanfaatkan fasilitas
tambah angin gratis di SPBU Karanganyar. Dari ke 7 tersebut 3 orang terakhir
mempunyai jeda 3 menit artinya selama 3 menit itu selang angin dalam keadaan
tidak terpakai. Bersamaan dengan itu bunyi “seeeeesssst”
masih terdengar memang kran angin tidak
ditutup kembali. Datang lagi konsumen baru yang ingin memanfaatkan isi angin
gratis, kemudian hal serupa juga diulang langsung meninggalkan tempat.
Manajemen SPBU sudah berusaha terbaik
bagi konsumen, fasilitas umum sudah diberikan secara cuma-cuma demi pencapaian
pelayanan prima. Mestinya konsumen juga turut andil menjaga kelangsungan
fasilitas, minimal mengembalikan posisi keran ke tempat semula. Dengan
langkah tersebut maka akan menghemat
stok angin di tabung karena tidak akan terbuang sia-sia. Semakin banyak
pengisian angin ke tabung maka semakin banyak pula biaya operasioalnya dan
tentunya penyusutan mesin disel semakin cepat.
Langkah terkecil akan membawa dampak
besar semakin banyak orang yang merawat fasilitas umum maka rasa cinta kepada
negara dalam mempertahankan pembangunan. Semuanya itu diawali dari diri kita
masing-masing. Semoga.
Mantap Gowesnya, kirain mau isi bensi di SPBU. Hahaha. Jangan lupa berkunjung balik kesini ya Aplikasi Sistem Manajemen Akuntansi SPBU. Ditunggu komentarnya..
ReplyDelete