Saturday 21 September 2019

Pesta Siaga


Ada hal yang tak bisa dilupakan ketika pertama kali mengenal pramuka. Yaitu pada saat kelas 3 di Sekolah Dasar. Bagi saya, meski habitat sekolahnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) hal itu tanpa terkecuali juga mengikuti prosesi layaknya teman-teman yang bersekolah di Sekolah Dasar lainnya.

Di suatu momen, bapak guru wali kelas mengumumkan bahwa sebentar lagi ada acara yang dinamakan pesta siaga. Meski dibilang bahwa kegiatan ini sudah tidak asing, bagi para siswa hanyalah kegiatan di luar sekolah yang menggunakan seragam Pramuka selama sehari dari pagi hingga sore hari. Sebatas ini yang diketahui karena tahun sebelumnya kakak kelas juga melakukan hal yang sama di tempat yang juga berbeda.

Jauh hari sekitar 4 minggu sebelum pelaksanaan, bapak wali kelas menunjuk beberapa siswa untuk mengikuti latihan pesta siaga. Dari menghapalkan butir-butir Pancasila, mengartikan rambu-rambu lalu lintas, latihan baris berbaris hingga aneka permainan yang membutuhkan kerja sama antar peserta. 

Pada hari pelaksanaanya para peserta pesta siaga dipinjami seragam Pramuka dari madrasah. Seragamnya bagi saya mempunyai keunikan, tidak seperti seragam Pramuka yang dipakai dalam seragam harian. Bentuknya lengan panjang serta bersaku depan bagian bawah. Awal mengenakan pakaian terasa risih karena seragamnya mirip baju koko. Namun karena peserta lainnya juga demikian, perasaan itu terlupakan.

Menuju ke tempat pelaksanaan, para peserta diangkut menggunakan mobil angkutan barang atau sering disebut mobil "doplak". Bersama membawa logistik aneka jajanan ringan, pak guru dan ibu guru turut serta naik bersama di bagian belakang. Raut muka teman-teman menampakkan kegembiraan, termasuk saya. Waktu itu naik mobil doplak bersama-sama kemewahan yang jarang sekali dilakukan bagi anak-anak selain nekat ikut "nggondel" mobil pengantar pasir toko bangunan. Pesta siaga itu memang momen bersenang-senang bagi anak Sekolah Dasar sebelum mengenal lebih jauh tentang Pramuka. 

Bagi saya Pramuka itu menarik, apalagi kalau kakak pembinanya juga cantik.

No comments:

Post a Comment