Saturday 14 September 2019

Kebijakan


Untuk bisa memahami konsep sebuah iklan bisa berhasil menembus target pemasaran, dapat dilakukan langkah observasi sekaligus pengambilan sampel kepada konsumen. 

Pendekatan menggunakan survey misalnya, dengan iklan yang sudah berjalan langkah tersebut bisa mempengaruhi daya beli konsumen atau malah sebaliknya. Dari segi kemasan produk sudah cukup menarik atau belum dan sejumlah pertanyaan lainnya.

Kemudian data tersebut diolah dan dianalisa. Dari hasil analisa tersebut baru diketahui bahwa sebenarnya ada pengaruh iklan terhadap daya beli konsumen. Semuanya butuh instrumen sebagai tolok ukur keberhasilan. Ini sebagai contoh kecil di bidang penjualan.

Begitupun untuk bisa membuktikan bahwa sebuah program mempunyai dampak pengeksploitasian sebaiknya dilakukan pendekatan yang lebih komprehensif. Dari sini ada komunikasi dua arah. Bisa dilakukan observasi langsung atau melalui survei dari peserta program untuk membuktian bahwa tindak pengeksploitasian itu benar terjadi. Bukan hanya sekedar asumsi yang terlalu berlebih.

Sehingga publik bisa mengerti alasan yang tepat. Juga sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa tindakan tersebut tidak serta merta sebagai kebijakan yang bersifat sepihak.

Memang produk kebijakan yang terlalu instan mempunyai dampak signifikan. Baik berpengaruh langsung ke penerima kebijakan atau kalangan publik sebagai pemerhati kebijakan.

No comments:

Post a Comment