Wednesday 14 February 2018

Membaur Keakraban Fest Kalonganan

Gerimis yang turun di halaman Warung Kojahan “Konde” itu sudah membasahi kendaraan yang terparkir rapi di Jalan Jawa Pekalongan. Dari tempat parkir yang hampir dipadati kendaraan tersebut, ternyata tempat ini sangat diminati pelanggan yang sengaja ingin ngobrol santai atau dalam dialek Pekalongannya sering disebut “kojahan”. Pantes, kesan pertama ketika masuk warung ini sudah barang tentu bisa ditebak, bakal bisa berlama-lama sambil menikmati beberapa menu santapan yang disediakan.

Seperti yang dilakukan oleh seorang penggiat sejarah Kota Pekalongan Arief Dirhamsyah atau yang sering disapa “Pak Dhe” pada Rabu (14/2). Pria yang gemar menggunakan kaos oblong ini berkesempatan mengundang dari beberapa volenter kegiatan Fest Kalonganan yang berfokus kegiatan jelajah sejarah. “Dalam waktu dekat ini kita akan mengadakan beberapa kegiatan jelajah sejarah khususnya menyambut hari jadi Kota Pekalongan, kita harus punya konsep acara tersebut”, tutur beliau di sela-sela perbincangan dengan volenter kegiatan.

Kegiatan yang tidak lepas dari dunia fotografi, videografi, sosial media dan blogging ini menjadi sarana mengenalkan sejarah Kota Pekalongan kepada generasi muda sekarang. Untungnya dari masing volenter mereka turut mendukung ide kreatif seorang sejarawan ini. Tak hanya itu, dalam menyambut tamu jelajah sejarah dari Fakultas Sejarah Universitas Negeri Semarang akhir bulan ini Pak Dhe juga telah mengarahkan para volenter membagi tugasnya masing-masing yang dibagi beberapa kelompok. Ini sebagai komitmen kepedulian tentang arti pentingnya mengerti sejarah guna keberlangsungan dimasa sekarang maupun yang akan datang. Seperti apa kegiatan mereka selanjutnya, nantikan agenda kegiatannya.




No comments:

Post a Comment