Jika Anda melewati
jalur Pantura di hari Kamis,Jumat dan Sabtu pastilah menemukan titik kemacetan
yang begitu panjang. Pekalongan misalnya pada hari tersebut sudah terasa antrian
panjang khususnya di pagi dan sore hari. Akses jalur pantura pagi hari banyak
dipadati oleh kesibukan masyarakat lokal khusunya para pelajar dan pekerja yang
beranjak memulai aktifitasnya. Sedangkan sore hari juga jalur pekerja sepulang
dari bekerja. Keramaian tersebut sudah menjadi kebiasaan tiap hari seakan
menjadi santapan yang harus dinikmati bagi pengguna jalan.
Ada hal yang menarik
jumlah pemakai jalur pantura akan meningkat jumlah frekuensinya khusunya
menjelang akhir pekan. Dari pengalaman saya melintas jalur ini akan lebih banyak
jika kemacetan lebih panjang yang biasanya 1 km menjadi 2 km bahkan lebih. Ada
beberapa faktor penyebab kemacetan yang pertama jumlah pengguna jalan, antrian
trafic light, antrian palang rel, kesabaran pegguna jalan
dan kendaraan besar.
Sudah tidak dapat dipungkiri
lagi jalur pantura menjadi akses kemudahan bagi angkutan logistik pemasok ke
seluruh Pulau Jawa atau lainnya. Pekalongan menjadi jalur lintasan arah Jakarta
menuju Surabaya keduanya kota ini menjadi pangkal dan ujung dari industri nasional.
Tak khayal banyak kendaraan besar dalam hal ini truk dengan muatan panjang dan
lebar selalu menggunakan akses jalur pantura. Truk muatan sepeda motor misalnya
dengan pajang truk 10 meter bahkan
lebih, belum lagi dengan gandengannya yang panjangnya hampir sama menambah
deretan panjang disaat menunggu antrian di trafic
light. Belum lagi dengan jenis truk tronton atau peti kemas yang juga
mempunyai dimensi truk yang tergolong panjang juga selalu mengiasi jalur pantura.
Disaat menjelang
weekend seluruh pergudangan barang akan mempercepat keluar masuk stok barang. Artinya
pada hari Jumat atau Sabtu menjadi hari terakhir penerimaan barang kiriman.
Sehingga apabila misalnya pengiriman dari Bekasi hari Kamis maka estimasi
sampai di Semarang hari Jumat dan apabila perjaanan itu diteruskan sampai ke
Surabaya hari Sabtu harus sampai di gudang. Hal ini berkaitan dengan kegiatan
bongkar muat barang. Harapannya hari tersebut bisa melakukan pembongkaran barang
dari Bekasi dan memuat kembali barang komoditas lain dari Surabaya jika itu
memang harus dikirim ke arah barat.
No comments:
Post a Comment