Saturday 7 May 2016

Umbu, Cahaya dari Sumba Timur




Umbu  menurut KBBI mempunyai arti nenek moyang atau leluhur. Tapi bukan untuk membahas arti tersebut, adalah sebuah panggilan kepada seseorang yang sengaja dikirim dari Sumba Timur untuk Pekalongan. Maksud Umbu dalam bahasa Sumba Timur tersebut belum mengetahui secara pasti. Kemungkinan sebuah nama panggilan yang bermaksud untuk menghormati kepada mereka yang usia nya setingkat lebih tinggi atau pula di dalam bahasa jawa disebut Mas.

Kurun 2 hari ini kedatangan tamu berasal dari Melolo Kabupaten Sumba Timur. Bukanlah kesengajaan disaat Tuhan mempertemukan kita dengan orang lain. Bahwa sesuatunya telah direncanakan sepenuhnya di bawah kuasa-Nya. Bertujuan untuk mencari sesuatu yang baginya akan bermanfaat. Lembaran-lembaran kertas sebagai temannya untuk selalu dia tulis. Pendataan dari kejadian-kejadian yang dia rangkum menjadi sebuah teori praktis yang dapat menjadikannya syarat agar diakui oleh lembaga yang dia tempuh berdasarkan atas prinsip pendidikan.

Seperti biasanya mengosongkan isi gelas disaat bertemu dengan orang lain. Menjadikan kita akan bisa menerima keadaan disekitar dan  kembali pada sebuah prinsip yang kosong akan mudah menerima sesuatu dari luar. Mengambil kebaikannya sebagai sesuatu yang dapat dicontoh dan melihatnya dari sisi kelebihan. Cara ini,dapat menghindari diri dari keangkuhan atas sesuatu kelebihan kita yang diakui orang lain.

Cahaya Sumba Timur  adalah sebuatan bagi Umbu disaat sedang berproses menjadi pribadi agar kelak sinarnya akan berguna bagi daerahnya. Terlahir dari keluarga yang sederhana dari seorang petani dengan kesibukan lain menjadi buruh ternak lembu. Dibesarkannya hingga Sekolah Menengah Atas sekitar 3 tahun yang lalu. Kebimbangan atas masa depannya pun datang disaat semua itu telah berlalu. Lalu dia menemukan  sesuatu atas doa-doa nya dengan terpilihnya sebagai perwakilan daerahnya untuk menuntaskan pendidikannya di Jawa. 

Sederhana dan bertanggung jawab sesuatu yang dapat diambil dari sosok Umbu. Sederhana atas tingkah laku menjadikan posisinya tidak akan terkoyak meniru teman sebayanya yang lebih beruntung atas nasibnya. Tanggung jawab atas perwakilan dari daerahnya memberikan motivasi seperti bara yangt terus menganga takan pernah padam sebelum dia kembali dan mematikkan menjadi nyala api yang bercahaya. 

Begitulah Umbu, pemuda dari Sumba Timur.

No comments:

Post a Comment