Friday 23 September 2016

Diare

Tentunya semua orang pernah dengar tentang penyakit yang bernama diare. Banyak orang bilang sih, kalau diare itu termasuk penyakit ringan. Semacama flu atau demam biasa.

Tapi tidak selamanya demikian ada juga diare yang begitu hebatnya dalam beberapa menit sering bolak-balik menuju ke kamar mandi. Jumlah frekuensi buang air besar secara teruse menerus membuat cairan dalam tubuh semakin berkurang sehingga badan terasa lemas tak bertenaga.

Banyak faktor yang menyebabkan diare itu muncul. Satu diantaranya salah asupan makan dari makanan yang kurang higienis, terlalu pedas maupun terlalu asam.

Makanan kurang higienis mamacu berpindahnya bakteri dari makanan ke tubuh manusia.  Sedangkan makanan terlalu pedas atau asam memicu keluarnya asam lambung berlebihan sehingga perut begitu mulas ingin buang air besar.

Uraian di atas juga dapat mempengaruhi timbulnya diare kepada seseorang. Namun tiap orang mempunyai kedaulatan sistem imun (kekebalan) dalam menghadapi ketidaksesuaian metabolisme yang di akibatkan oleh faktor makanan. Hasilnya tiap orang pada faktor penyebab yang sama masih mungkin ada reaksi berbeda yang ditimbulkannya.

Berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang secara naluri batiniah kurang meyakinkam maka lebih baik mencari makanan lain yang masih aman bagi metabolisme tubuh.


No comments:

Post a Comment