Saturday 27 April 2019

Celana Kolor


Setelah salam selesai, Lek Dasrun bergegas keluar masjid melepas baju koko serta pecinya. Hanya menggunakan celana kolor dan kaos dalam. 

Beliau berlari menuju tengah jalan raya depan masjid. Kalau engga terbiasa melihat tingkahnya, sepertinya ini adalah hal aneh yang tak lazim dilakukan.

Sembari berdiri di tengah jalan, ia membunyikan peluit berkali-kali. Siang yang lumayan panas itu, bisa membuat kulitnya yang hitam legam kembali terlihat berkilau tumbuh peluh keringat mulai bercucuran.

Jalur depan masjid tempat Lek Dasrun tinggal adalah jalur paling ramai. Tepat depan masjid tersebut merupakan perempatan jalan menuju pasar tradisional. Segala kegiatan ekonomi masyarakat pasar bertumpah ruah menjadi kesatuan tak terpisahkan. 

"Prit....prit....prit...sek Bu, mandek sek tho, ojo kesusu!",tangan Lek Dasrun memberikan aba-aba. Seketika itu juga, ibu-ibu membawa tas berisi sayur dari pasar berhenti. Kemudian menyusul pengguna jalan di belakangnya.

Dari arah berlawanan terdapat truk besar yang membawa material beton proyek pembangunan jembatan. Meski truk besar tersebut diberi pengawalan khusus menggunakan kendaraan roda dua. Sepertinya masih kerepotan. Kehadiran Lek Dasrun cukup membantu pengawalan. Minimal menghalau pengguna jalan untuk minggir seketika itu juga.

Setelah truk proyek tersebut lewat, giliran tugas Lek Dasrun mengamankan jamaah sholat Jumat yang barusan keluar dari masjid. Satu persatu jamaah yang menggunakan motor berderet di bahu jalan menanti keadaan aman menyebrang.
Tangan Lek Dasrun membawa pentungan parkir dan peluit masih menempel di mulutnya.
"Prit...prit...priiiiiiitt......Ayo nyebrang....ati...ati...lhur ...", nada suara Lek Dasrun sedikit agak keras.
Namun, karena suasana lalu lalang jalan ramai sekali para jamaah tidak sempat menanggapi ujaran dari Lek Dasrun. Sudah hampir setengah jam Lek Dasrun berada di tengah jalan, hingga suasana jamaah sholat Jumat telah sepi.

Di samping kedai bakul es degan itu, Lek Karyo telah duduk menunggu acara nyebrang-menyebrang sembari nyeruput es degan khas Brebes yang terkenal segar yang tak sepi dari pembelinya itu. Tiba-tiba dari mulut Lek Karyo terucap,
"Ayo...Lek Dasrun rene sek...nge es degan ben biso kuat menghadapi kenyataan", tangan Lek Karyo memberi isyarat ke Lek Dasrun agar segera menghampirinya.
Lek Dasrun kemudian berjalan menepi menghampiri Lek Karyo.
"Lenggah kene sek tho, Lek....!"
"Jan, panase ora umum", kata Lek Dasrun.
"Lha.. sampeyan kuwi aneh, Wes bener-bener anggo klambi koko malah dicopot, saiki ming angge kolor", tanya Lek Karyo keheranan.
"Iyoo lek....koyo ngene iki aku mergo duweni penyakit seneng di alem karo wong liyo"
"Lha...maksude piye Kang Dasrun?", tanya Lek Karyo penasaran.
"Aku kuwi saben dinone tukang ngresiki mesjid, alhamdulillah hampir sholat 5 wektuku ora tau telat. Aku ora pengen dipuji. Di songko, aku kuwi wong apik. Padahal aku seh akeh dosane", jawab Lek Dasrun sembari mengaduk es degan di meja depannya.
"Hubungane sampeyan karo nyopot klambi cuma anggo celono kolor kepriye, Lek?" tanya Lek Mardi yang masih belum sampai atas jawabannya itu.
"Nah...Kuwi, nek aku nyebrang-nyebrangke cuma angge celono kolor, ben wong liyo kuwi nyongko aku ora sholat Jumat.", jawab Lek Dasrun.

"Ooo....ngunu tho, Lek Dasrun?", Lek Karyo manggut-manggut.
"Oh...lha iyo...aku tekane sholat telat pas rokaat pertama sak wise alfatihah, mergo aku ngenteni jamaah terakhir sing meh nyebrang neng mesjid. Aku wes duweni katresnan melas karo wong sing meh ngibadah. Ora tego. Banjur ngunu aku bar salam, mau aku langsung bae neng dalan ngamanke dalan ben ora macet", jelas Lek Dasrun sambil menikmati serutan buah kelapa muda yang rasanya istimewa itu.

"Lha kuwi...emang biso nggawe ati sampeyan nyaman Lek?" ,tanya kembali Lek Karyo sambil mengernyitkan dahi.
"Yo saben manungso duweni kelemahan masing-masing Lek Karyo. Lha aku kelemahan sing paling gedhe yoiku seneng di alem karo wong, aku ngindari sing koyo ngunu", tukas Lek Karyo.
"Aku salut karo sampeyan Lek Dasrun.. jossh tenan....biso nyimpen amale sampeyan", timpal Lek Karyo.
"Huaaaassyyyememm .....aku Iki meh ngindari di alem, malah tetep bae Lek ... Ketemu sampeyan maraki dadi perkoro wae..Wes aku tak balek neng masjid ben aja akeh tambah ngrasani wong", jawab Lek Dasrun tersenyum sedikit penyesalan.
Lek Dasrun mengambil baju koko dan pecinya menuju ke masjid sembari bergumam dan Lek Karyo terkekeh mendengarnya.

No comments:

Post a Comment