Friday 12 January 2018

Komunitas

Menurut saya, jika Anda ingin mencari komunitas baik yang bersifat kegemaran, pemerhati sosial kemanusiaan, pemerhati alam bahkan barang antik sekalian, Indonesia adalah tempatnya. 

Kalau menurut pola orientasinya komunitas bisa menjadi profit oriented ataupun non profit oriented. Saya pernah menjumpai pendiri sebuah komunitas yang tak lain adalah beliau seorang agen sebuah produk. Kedudukannya berakhir dari penjual ke pemeliharaan konsumen. Di waktu lain mengatur strategi untuk mengajak konsumen lain bergabung ke dalam komunitasnya. Begitu cerdas sistem marketing dari sebuah komunitas.

Sebuah komunitas sosial biasanya tidak mementingkan keuntungan malah sebagai penggalang sebuah dana sebagi bentuk rasa iba yang sangat mendalam, ketika terjadi bencana alam misalnya. Semoga begitu adanya, memang rasa persatuan akan menghangat jika terpaan musibah melanda, bisa jadi ini sebuah hikmah bagi bangsa kita.

Penghobi otomotif sudah pasti setiap generasi mempunyai karakteristik masing-masing. Dari segi keluaran tahun, jenis kendaraan atau bahkan fanatik dengan merek tertentu sebagai daya tarik sebuah kegemaran. Mobil jadul, sport, offroad atau komunitas yang mementingkan merek sebagai pendobrak strategi pemasaran bisa menjamur di berbagai kota khususnya Pulau Jawa. Tren ini berjalan sejajar dengan komunitas motor, sama besarnya.

Sebuah komunitas tak akan pernah lahir dari sebuah kepentingan. Tujuan klasik adalah menjalin silaturahmi yang telah mendarah daging oleh seluruh rakyat Indonesia. Bagaimanapun juga seorang yang bernotabene pimpinan mungkin saja diktaktor, bisa turun gunung bersama penghobi sesama komunitasnya, ya...kekuatan komunitas bisa jadi "brainwash" seluruh jas penjaga imejnya meskipun hanya sementara.

Gesekan masalah antar anggota ataupun beda prinsip dengan komunitas seperti permasalahan rumah tangga. Bisa berujung musyawarah menjadi kemufakatan atau malah perceraian membentuk mahligai komunitas baru meskipun itu sama obyeknya. 

Komunitas yang berasal dari kesamaan dari populasi yang menduduki daerah tertentu bisa bersimbiosis baik mutualisme, komensalisme ataupun parasitisme. Tak kalah menariknya komunitas yang dari dulu belum pernah diberi nama atau bahkan diadakan kongres tiap tahunnya. Yaitu Komunitas "Ngerasani" Orang Seluruh Indonesia, bisa jadi ini simbiosis parasitisme, yang sulit dihilangkan.

Wiradesa, 8 Januari 2018.



No comments:

Post a Comment