Wednesday 24 January 2018

Hujan di Januari

Sesuai trennya di negara saya, bulan Desember hingga bulan Febuari merupakan musim penghujan yang rutin terjadi. Entah karena sudah seringnya atau konon juga ada yang menyebutkan bahwa Januari adalah hujan sehari-hari, bisa-bisa aja.

Beda lagi, dengan Mas Glenn Fredly yang menuliskan sebuah kisah cinta yang berakhir di bulan Januari. Namun bagi Mas Armand Maulana (salah satu personel dari band Gigi), Januari adalah bulan pernikahannya dengan Mbak Dewi Gita, yang mengilhami lagu 11 Januari yang sempat, populer pada tahun 2007 silam.

"Wah...wah...ternyata banyak kenangan cinta dalam lagu pop melankolis di antara derasnya hujan di bulan Januari,..hoho...ho...ajib, syahdu benerrrr!"

Saya juga mengamati, permulaan hujan biasanya pada siang hingga malam, kemudian sampai itu bisa reda. Selang berapa waktu berganti, hujan terjadi lagi pada malam hari sampai menjelang pagi.

Kalau kedua waktu hujan sudah semangat kompak pertanda musim hujan dimulai, mungkin puncaknya Januari. Semakin ngawur saja ini pengamatan saya, hanya sebatas opini subyektif dan Anda tidak harus mengamini.

Mengawali bulan kalender berdasarkan perhitungan matahari (syamsiyah) Tuhan juga telah menurunkan tanda kebahagian Rahmat melalui banyaknya air yang melimpah ruah. Oleh sebab itu, Tuhan mengerti bulan awal, Januari sebagai penyemangat bagi hamba-Nya, semoga kita diantaranya.

No comments:

Post a Comment