Saturday 27 May 2017

Waktu Yang Cepat Berlalu

Waktu yang berlalu tidak akan pernah kembali kiranya begitu tentang tema kuliah subuh kali ini. Di hari ke dua bulan puasa perjalanan di Bulan Ramadhan membuat semakin lebih siap menghadapi hari-hari berikutnya.

Termasuk orang-orang baik maka Allah pun akan menetapkannya dalam kebaikan agama dan semoga kita selalu mengharapkan kebaikan itu.

Allah menurunkan surat tentang waktu Al fajar, Al lail, Ad Dhuha dan Al Asry. Waktu merupakan jatah hidup atau kontrak hidup manusia.

Manusia adalah kumpulan beberapa hari-hari dan setiap hari berlalu maka berkurangnya jatah hidup manusia. Maka bergiatlah dalam beribadah.

Hidup didunia seakan-akan lebih singkat. Apabila dihubungkan dengan Bulan Ramadhan akan meski dalam 1 bulan maka seseungguhnya lebih cepat dari perkiraan manusia. Hal ini sesuai dalam QS Al Baqorah mengatakan bulan Ramadhan terasa sebentar.

Waktu tidak akan kembali selerti Ramadhan sekarang tidak akan kembali dalam keadaan yang sama. Sibukkanlah salam kebaikan maka engkau akan disibukkan dengan kebatilan. Oleh karena itu waktu Bulan Ramadhan kita sukseskan bersama dengan penuh kebaikan.

Manusia tidak akan pernah tahu berakhirnya waktu. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya karena hari ini adalah waktumu dan esok belum tentu waktu ini milikmu. Mengharapkan waktu kembali merupakan pengandaian yang tak pernah terjadi.

(Reportase Kuliah Subuh Oleh Ust. Kusnan)

No comments:

Post a Comment