Sunday 27 November 2016

Belum Sempat Jadi Guru

Tentunya hari ini sangat membahagiakan bagi profesi seorang guru. Berbagai ucapan kata selamat atas hari jadi terus mengalir dari berbagai kalangan masyarakat. Bagi masyarakat sampai saat ini masih melekat sebutan "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa".

Predikat pahlawan masih tersirat dari sebutan penduduk desa dengan menyebut profesi guru sebagai subyek panggilan.

Acap kali Saya menjumpai sapaan polos dari wali murid yang kebetulan bertemu di warung dengan seorang guru, "Ngucali sarapan....Pak Guru?",ujar seorang separuh baya dengan gaya pakaian ala penduduk desa.

Meski wali murid ini usianya lebih tua terkesan ada rasa begitu hormat mendalam kepada profesi seorang guru. Sifat penghormatan ini melekat bagi guru karena penduduk desa menyadari kekurangan mereka kemudian, menitipkan anak-anaknya untuk di berikan pendidikan yang kelak menjadi manusia berguna.

Saya memang sempat "kepincut" dengan profesi mulia ini. Sebuah latar belakang seorang teristimewa yaitu ibu kandung Saya sendiri yang mempunyai profesi sebagai guru. Bisa jadi keadaan ini menjadi motivasi untuk meniru, bahkan akan lebih mudah belajar privat kepada beliau mengenai teknik mendidik, mengasuh, atau menguasai kepribadian siswa.

Pada akhirnya Saya pun harus berdamai dengan keadaan. Damai tersebut menjadikan Saya menyadari bahwa menikmati hidup itu akan lebih indah. Saat itu pula Allah SWT menempatkan kedamaian menjadi profesi lain yang bagi Saya menuntut untuk tiap hari belajar melayani orang lain.
Ternyata memberikan pendidikan kepada orang lain tidaklah mudah. Pada prinsipnya mendidik itu bukan menjadi lebih pandai. Akan tetapi merubah tatanan kepribadian lebih baik dari sebelum dididik. Pola kecerdasan atau kepandaian banyak sekali faktor yang melatar belakanginya. Menanamkan rasa kesungguhan dalam bidang apapun insyaAllah akan menuai hasil yang tentunya itu bukan ranahnya manusia, untuk menentukan.

Meski keinginan menjadi profesi guru itu, dulu pernah ada saat ini Saya masih memberikan rasa hormat kepada jasa-jasa beliau terutama ibu Saya sendiri.


Selamat Hari Guru, 25 November 2016

No comments:

Post a Comment