Menurut
saya, jika Anda ingin mencari komunitas baik yang bersifat kegemaran, pemerhati
sosial kemanusiaan, pemerhati alam bahkan barang antik sekalian, Indonesia
adalah tempatnya.
Kalau
menurut pola orientasinya komunitas bisa menjadi profit oriented ataupun non
profit oriented. Saya pernah menjumpai pendiri sebuah komunitas yang tak lain
adalah beliau seorang agen sebuah produk. Kedudukannya berakhir dari penjual ke
pemeliharaan konsumen. Di waktu lain mengatur strategi untuk mengajak konsumen
lain bergabung ke dalam komunitasnya. Begitu cerdas sistem marketing dari
sebuah komunitas.
Sebuah
komunitas sosial biasanya tidak mementingkan keuntungan malah sebagai
penggalang sebuah dana sebagi bentuk rasa iba yang sangat mendalam, ketika
terjadi bencana alam misalnya. Semoga begitu adanya, memang rasa persatuan akan
menghangat jika terpaan musibah melanda, bisa jadi ini sebuah hikmah bagi
bangsa kita.
Penghobi
otomotif sudah pasti setiap generasi mempunyai karakteristik masing-masing.
Dari segi keluaran tahun, jenis kendaraan atau bahkan fanatik dengan merek
tertentu sebagai daya tarik sebuah kegemaran. Mobil jadul, sport, offroad atau
komunitas yang mementingkan merek sebagai pendobrak strategi pemasaran bisa
menjamur di berbagai kota khususnya Pulau Jawa. Tren ini berjalan sejajar
dengan komunitas motor, sama besarnya.
Sebuah
komunitas tak akan pernah lahir dari sebuah kepentingan. Tujuan klasik adalah
menjalin silaturahmi yang telah mendarah daging oleh seluruh rakyat Indonesia.
Bagaimanapun juga seorang yang bernotabene pimpinan mungkin saja diktaktor,
bisa turun gunung bersama penghobi sesama komunitasnya, ya...kekuatan komunitas
bisa jadi "brainwash" seluruh jas penjaga imejnya meskipun hanya
sementara.
Gesekan
masalah antar anggota ataupun beda prinsip dengan komunitas seperti
permasalahan rumah tangga. Bisa berujung musyawarah menjadi kemufakatan atau
malah perceraian membentuk mahligai komunitas baru meskipun itu sama obyeknya.
Komunitas
yang berasal dari kesamaan dari populasi yang menduduki daerah tertentu bisa
bersimbiosis baik mutualisme, komensalisme ataupun parasitisme. Tak kalah
menariknya komunitas yang dari dulu belum pernah diberi nama atau bahkan
diadakan kongres tiap tahunnya. Yaitu Komunitas "Ngerasani" Orang
Seluruh Indonesia, bisa jadi ini simbiosis parasitisme, yang sulit dihilangkan.
Wiradesa,
8 Januari 2018.
No comments:
Post a Comment